Pertemaun-1 Ringkasan E-Business_12.5B.04 _Bekasi

Electronic Business

Awal Perkembangan E-Bisnis

1. Pada tahun 1970-an Aplikasi E-Bisnis pertama kali dikembangkan dan digunakan sebagai transaksi pembayaran melalui internet yang disebut dengan Electronic Fund Transfer (EFT).

2. Dalam perkembangan berikutnya diketemukannya Elektronic Data Interchange (EDI), yang digunakan untuk mentransfer data secara rutin, seperti dokumen-dokumen sampai pada transaksi keuangan.

3. Pada tahun 1990 dimana teknologi WWW, semakin maju karena tidak hanya menampilkan data saja melainkan sudah mampu menampilkan data gambar, suara, animasi bahkan video.

4. Pada tahun 2000-an, perkembangan E-Bisnis, semakin pesat dimana banyak perusahaan-perusahaan di Amerika, Eropa, Asia bahkan Indonesia telah beralih dalam konsep memasarkan produk-produknya melalui Internet.


A. Ekonomi Digital

e-Bisnis, penggunaan teknologi elektronik pada transaksi bisnis

Kolaborasi, adanya interaksi, komunikasi dan kolaborasi informasi antara manusia dan   organisasi

Pertukaran Informasi, penyimpanan, pemrosesan dan pengiriman informasi

E-Commerce merupakan suatu aplikasi dan proses bisnis yang menghubungkan perusahaan, konsumen dan komunitas tertentu melalui transaksi elektronik dan perdagangan barang , pelayanan dan informasi yang dilakukan secara elektronik.

 

E-Business merupakan kegiatan berbisnis di Internet yang tidak saja meliputi pembelian, penjualan dan jasa, tapi juga meliputi pelayanan pelanggan dan kerja sama dengan rekan bisnis (baik individual maupun instansi).


Hubungan E-Bisnis & E-Commerce

Perdagangan elektronik atau e-commerce merupakan bagian dari e-business, dimana cakupan e-business lebih luas, tidak hanya sekedar perniagaan tetapi mencakup juga pengkolaborasian mitra bisnis, pelayanan nasabah, sumber daya manusia, lowongan pekerjaan dll.

 

Selain teknologi jaringan www, e-business juga memerlukan teknologi basis data (database), surat elektronik (e-mail) dan bentuk teknologi nonkomputer yang lain seperti halnya sistem pengiriman barang dan alat pembayaran untuk e-commerce ini.

1. Interaksi eksternal organisasi dalam e-bisnis

- Suppliers

- Customers

- Investors

- Creditors

- The goverment

- Media


2. Positive - Negative of E-Commerce & E-Business

Positive of E-Commerce & E-Business :

a) Revenue Stream (aliran pendapatan) baru yang mungkin lebih menjanjikan dan tidak bisa ditemui di sistem transaksi tradisional.

b) Dapat meningkatkan market exposure (pangsa pasar).

c) Menurunkan biaya operasional (operating cost).

d) Melebarkan jangkauan (global reach).

e) Meningkatkan customer loyality.

f) Memperpendek waktu produksi.

g) Meningkatkan value chain (mata rantai pendapatan)


Negative of E-Commerce & E-Business

  • Pencurian informasi rahasia yang berharga. Gangguan yang timbul bisa menyingkap semua informasi rahasia tersebut kepada pihak-pihak yang tidak berhak dan dapat mengakibatkan kerugian yang besar bagi si korban.
  • Kehilangan kesempatan bisnis karena gangguan pelayanan. Kesalahan ini bersifat kesalahan non-teknis seperti aliran listrik tiba-tiba padam atau jaringan yang tidak berfungsi.
  • Kehilangan kepercayaan dari para konsumen. Ini karena berbagai macam faktor seperti usaha yang dilakukan dengan sengaja oleh pihak lain yang berusaha menjatuhkan reputasi perusahaan tersebut.
  • Penggunaan akses ke sumber oleh pihak yang tidak berhak. Misalkan pembobolan sebuah sistem perbankan oleh hacker, kemudian memindahkan sejumlah rekening orang lain ke rekeningnya sendiri.
  • Kerugian yang tidak terduga. Disebabkan oleh gangguan yang dilakukan dengan sengaja, ketidakjujuran, praktek bisnis yang tidak benar, dan kesalahan faktor manusia atau kesalahan sistem elektronik.

C. E-BUSINESS APLICATION

1. ERP (Enterprise Resource Planning)  ERP Is the backbone of e-business, dengan kata lain ERP adalah sistem operasi bisnis, setara dengan sistem operasi windows untuk operasi back-office.

2. CRM (Customer Relationship managementCRM adalah kustomisasi dan personalisasi produk dan layanan secara real-time berdasarkan kebiasaan beli, keinginan dan kebutuhan konsumen.

3. SCM (Supply Chain Management SCM singkronisasi dan koordinasi aktivitas-aktivitas yang berkaitan dengan aliran material/produk, baik yang ada dalam satu organisasi maupun antar organisasi.

D. Cakupan e-Bisnis

    Cakupan atau spektrum e-bisnis dapat sangat luas wilayahnya tergantung dari masing-masing sudut pandang orang yang melihat definisi dari kata “bisnis” itu sendiri

Untuk dapat menangkap dimensi ruang lingkup pengertian e-bisnis, cara yang sering digunakan adalah dengan menggunakan prinsip 4W yaitu What, Who, Where dan Why

1. Prinsip What

    E-bisnis memiliki cakupan jauh lebih luas tidak hanya pada aktifitas atau mekanisme transaksi yang dilakukan secara online/digital namun termasuk didalamnya aktifitas relasi antara dua entiti perusahaan, interaksi antara perusahaan dengan konsumenya, kolaborasi antara perusahaan dengan para mitra bisnisnya, pertukaran informasi antara perusahaan dengan para pesaing usahanya dan lain sebagainya.

2. Prinsip Who

    Semua pihak atau entiti yang melakukan interaksi dalam sebuah siste bisnis/ serangkaian proses bisnis merupakan pihak yang berkepentingan dalam ruang lingkup e-bisnis.

7 klasifikasi entiti yang sering dipergunakan dalam mengilustrasikan e-bisnis yaitu:

  1.  Agent
  2. Business
  3. Consumer
  4. Device
  5. Employee
  6. Family
  7. goverment

3. Prinsip Where

    Dalam E-bisnis interaksi dan keegiatan e-bisnis dapat dilakukan dimana saja melalui berbagai kanal akses, sejauh pihak yang berkepentingan memiliki fasilitas elektronik/digital sebagai kanal akses. 

4. Prinsip Why

    Konsep e-bisnis tidak hanya menguntungkan perusahaan namun juga memberikan kesempatan perusahaan untuk meningkatkan perusahaan dalam meningkatkan level pendapatanya (reveneu generation) secara langsung maupun tidak langsung. Implementasi e-bisnis yang dilakukan oleh perusahaan memberikan dampak perusahaan dapat melihat berbagai peluang dan celah bisnis baru yang selama ini belum pernah ditawarkan kepada masyarakat.


E. Spektrum Value e-Bisnis

5 keuntungan (spektrum value e-bisnis) e-bisnis menurut Charles R. Rieger dan Mary P. Donato yaitu:

1. Efficiency / Efesiensi

    Menfaat yang didapatkan perusahaan adalah perbaikan tingkat efesiensi. Berdasarkan sebuah riset menyatakan kurang dari 40% dari total biaya operasional diperuntukkan bagi aktivitas penciptaan dan penyebaran informasi ke berbagai bagian terkait. Dengan memanfaatkan teknologi informasi didalam rangkaian bisnis sehari-hari terlihat bagaimana perusahaan dapat mengurangi total biaya operasional yang biasa dikeluarkannya.

2. Effectiveness / Efektivitas

    Efektivitas dirasakan ketika terjadi perubahan-perubahan yang cukup signifikan dalam cara perusahaan melakukan aktivitas operasional sehari-hari. Contoh penerapan konsep e-supply chain membuat managemen dapat meningkatkan service level kepada pelangganya, contoh lainnya dengan mengimplementasikan aplikasi ERP pada perusahaan memberikan dampak meningkatnya kualitas pengambilan keputusan dari manajemen

3. Reach / Jangkauan

    Kemampuan penggunaan teknologi informasi didalam memperluas jangkauan dan ruang gerak perusahaan. Selain itu memungkinkan perusahaan untuk memperluas jangkauan domain kerja sama dengan mitranya secara signifikan

4. Structure / Struktur

    Terciptanya berbagai jenis produk dan jasa baru akibat konvergensi berbagai sektor industri yang selama ini secara struktur terlihat berdisi sendiri-sendiri. Contohnya bagaimana sebuah kendaraan dapat jual dengan cara lelang, sebuah bank virtual yang berfungsi sebagai penasehat keuangan dan lainnya.

5. Opportunity / Peluang

    Terbukanya kesempatan yang lebar bagi pelaku bisnis untuk berinovasi menciptakan produk maun jasa baru akibat berkembangkanya teknologi informasi baru dari waktu ke waktu. Contohnya dalam bidang pendidikan, saat ini semakin marak situs penyelengara pendidikan secara online / virtual.


Contoh e-Bisnis:

  •  e-Auctioning, lelang yang memanfaatkan teknologi elektronik sebagai tempat terjadinya proses lelang,
  •  e-Banking, kegiatan yang melakukan transaksi, pembayaran, dan transaksi lainnya melalui internet dengan website milik bank yang dilengkapi sistem keamanan
  • -e-Commerce, transaksi jual beli secara elektronik melalui media internet
  • e-Directories, Sebuah layanan pengiriman situs web di mana situs web ditambahkan ke kategori yang tepat dalam direktori online dicari yang meningkatkan visibilitas situs web dan menciptakan inbound link relevan dengan situs web tersebut.
  • e-Engineering, terciptanya pengembangan produk dinamis terpadu dan proses realisasi yang memiliki kelincahan dan kemahiran yang diperlukan untuk merespon tuntutan dunia e-commerce.
  • e-Franchising, bentuk kerjasama bisnis atau usaha dengan memakai prinsip kemitraan, sebuah perusahaan yang sudah mapan baik itu dari segi sistem manajemennya, keuangannya maupun dari marketingnya serta adanya merek dari produk perusahaan yang sudah dikenal oleh masyarakat luas, dengan perusahaan ataupun individu yang memakai merek dari produk maupun sistem tersebut dengan memanfaatkan teknologi informasi.
  • e-Learning, sistem atau konsep pendidikan yang memanfaatkan teknologi informasi dalam proses belajar mengajar
  • e-Mailing, suatu sarana untuk mengirim dan menerima surat atau pesan dengan format digital melalui jalur jaringan komputer dan internet.
  • e-Marketing, segala upaya yang dilakukan untuk melakukan pemasaran suatu produk atau jasa melalui atau menggunakan media elektronik atau Internet
  • e-Research, kegiatan riset yang menggunakan serangkaian fasilitas teknologi informasi dan komunikasi, sedemikian rupa sehingga melahirkan cara kerja dan metode riset baru
  • e-Supply, proses Supply Chain yang di manage secara elektronik, biasanya menggunakan teknologi jaringan komputer
  •  e-Trading, suatu sistem perdagangan secara Online yaitu lewat perangkat teknologi internet, dimana dengan sistem ini investor tidak perlu lagi datang atau repot menelepon kantor pialang (broker),
  • e-Travel, semua kegiatan industry travel yang dikaitkan pada e-commerce, atau dengan kata lain travel yang di-online-kan

Komentar