RINGKASAN MATERI E-BUSINESS Pertemuan-9

Pertemuan 9

E-Goverment

    A. Definisi E-Govermnet


Apa itu E-Government ? – Endang Cahya Permana

Suatu upaya untuk mengembangkan penyalenggaraan kepemerintahan yang berbasis elektronik. Suatu penataan system manajemen dan proses kerja di lingkungan pemerintah dengan mengoptimalkan pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dapat menggunakan e-goverment.
Menurut Norris D. F. Flercher e-govermnet adalah layanan dan pengiriman informasi elektronok yang diberikan oleh pemerintag 24 jam sehari, 7 hari seminggu.
E-Goverment adalah penggunaan teknologi informasi oleh pemerintah untuk memberikan informasi dan pelayanan bagi warganya, urusan bisnis, serta hal-hal lain yang berkenaan dengan pemerintahan. e-Government dapat diaplikasikan pada legislatif, yudikatif, atau administrasi publik, untuk meningkatkan efisiensi internal, menyampaikan pelayanan publik, atau proses kepemerintahan yang demokratis.

Menurut Choucri (2003), e-readiness didefinisikan sebagai kemampuan untuk mengejar peluang penciptaan nilai yang difasilitasi dengan menggunakan internet
1. Conectivity yaitu apakah jaringan sudah tersedia secara luas dan dengan harga terjangkau

2. Information securty yaitu apakah jaringan dan tempat penyimpanan data sudah bisa dipastikan aman
3. Human capital yaitu apakah sumberdaya manusianya sudah mampu mengaplikasikan e-goverment

B. Tahapan E-Goverment
Ada 4 tahapan yang diperlukan pada e-goverment yaitu
1. Implementasi yaotu memperkenalkan kemunculannya pada masyarakat
2. Pengembagan yaitu situs pemerintahan bertambah, informasi menjadi semakin dinamis
3. Interakatif yaitu user bisa membayar layanan secara online
4. Full electronic yaitu e-goverment sudah terintegrasi diseluruh sektor pemerintah

C. Prinsip E-Goverment
Beberapa prinsip yang harus dimiliki dalam e-goverment yaitu
1. Membantu layanan terhadap masyarakat
2. Membuat pemerintah dan layanan-layananya lebih mudah untuk diakses oleh masyarakat
3. Memberikan solusi terhadap isu-isu sosial
4. Menyediakan informasi-informasi yang bermafaat bagi masyarakat
5. Penggunaan sumber daya pemerintah secara efektif dan efesien

D. Tujuan implementasi E-Goverment
1. Meningkatkan mutu layanan publik melalui pemanfaatan teknologi IT dalam proses penyelenggaraan pemerintahan
2. Terbentuknya pemerintah yang bersih, transparan dan mampu menjawab tuntutan perubahan secara efektif
3. Perbaikan organisasi, sistem manajemen dan proses kerja kepemerintahan

E. Sasaran Pembangunan E-Goverment

1. Pembentukan jaringan informasi dan transaksi pelayanan publik yang berkualitas dan terjangkau

2. Pembentukan hubungan interaktif dengan dunia usaha untuk meningkatkan dan memperkuat kemampuan perekonomian menghadapi perubahan dan persaingan perdagangan internasional

3. Pembentukan mekanisme komunikasi antar lembaga pemerintah serta penyediaan fasilitas bagi partisipasi masyarakat dalam proses kepemerintahan

4. Pembentukan sistem manajemen dan proses kerja yang transparan dan efisien serta memperlancar transaksi dan layanan antar lembaga pemerintah 

F. Menuju E-Goverment

 

Beberapa contoh fungsi kepemerintahan yang penyelenggaraanya dapat dibantu melalui sistem elektronik adalah
a. Pelayanan masyarakat
b. Kepegawaian
c. Keuangan
d. Pengelolaan aset, dan sebagainya

G. Kerangka Arsitektur E-Goverment
Salah satu kunci e-goverment adalah pemanfaatan ICT. Ini artinya bahwa ada unsur-unsur ICT seperti sistem aplikasi, sistem infrastruktur, jarngan telematika dan lain-lain yang dipakai dalam proses penyelenggaraan pemerintahan. Beberapa hal mendasar tentang pemanfaatan ICT ini berkaitan dengan:

1. Penggunaan internet
2. Penggunaan infrastruktur telematika
3. Penggunaan sistem aplikasi
4. Standarisasi metadata
5. Transaksi dan pertukaran data elektronik
6. Sistem dokumentasi elektronik

Berikut gambar Kerangka arsitektur e-goverment:

H. Jenis-jenis E-Government,
Jenis-jenis e-goverment diantaranya sebagai berikut:

1. Government to Citizen (G2C) adalah suatu teknologi informasi yang mempunyai suatu tujuan untuk memperbaiki hubungan interaksi antara pemerintah dengan kelompok masyarakat dan dapat untuk mempermudah masyarakat dalam mencari berbagai informasi tentang pemerintahan.

2. Government to Business (G2B)adalah suatu tipe hubungan pemerintah dengan para bisnis menegah ataupun bawah. Karena akan sangat dibutuhkan relasi yang sangat baik, antara pemerintah dengan kalangan bisnis.

3. Government to Government (G2G) adalah berupa Web pemerintah yang dibuat, bertujuan untuk memenuhi berbagai macam informasi yang dibutuhkan antara pemerintahan yang satu dengan pemerintahan yang lainnya, dengan suatu tujuan yaitu untuk memperlancar & mempermudah kerjasama antara pemerintahan – pemerintahan yang bersangkutan.

4. Government to Employees (G2E)adalah berupa tipe hubungan yang ditujukan untuk para pegawai pemerintahan atau pegawai negeri untuk neningkatkan kinerja dan juga untuk kesejahteraan para pegawai yang bekerja dislahsatu institusi pemerintah.

Contoh gambaran aplikasi e-gov pemerintah daerah:

I. Hambatan E-Government
1. Kultur berbagi belum ada. Kultur berbagi (sharring) informasi dan mempermudah urusan belum merasuk di Indonesia.

2. Kultur mendokumentasi belum lazim. Salah satu kesulitan besar yang kita hadapi adalah kurangnya kebiasaan mendokumentasikan (apa saja).

3. Langkanya SDM yang handal. Teknologi informasi merupakan sebuah bidang yang baru. Pemerintah umumnya jarang yang memiliki SDM yang handal di bidang teknologi informasi.

4. Infrastruktur yang belum memadai dan mahal. Infrastruktur telekomunikasi Indonesia memang masih belum tersebar secara merata.

5. Tempat akses yang terbatas. Sejalan dengan poin di atas, tempat akses informasi jumlahnya juga masih terbatas.

J. Strategi Pengembangan E-Goverment
Berdasarkan Inpres E-goverment No 3 tahun 2003 tentang kebijakan dan strategi nasional pengembangan E-government yaitu :
1. Strategi pertama adalah mengembangkan sistem pelayanan yang andal, terpercaya serta terjangkau masyarakat luas. Sasarannya antara lain, perluasan dan peningkatan kualitas jaringan komunikasi ke seluruh wilayah negara dengan tarif terjangkau.

2. Strategi kedua adalah menata sistem dan proses kerja pemerintah dan pemerintah daerah otonom secara holistik.

3. Strategi ketiga adalah memanfaatkan teknologi informasi secara optimal. Sasaran yang ingin dicapai adalah standardisasi yang berkaitan dengan interoperabilitas pertukaran dan transaksi informasi antarportal pemerintah.

4. Strategi keempat adalah meningkatkan peran serta dunia usaha dan mengembangkan industri telekomunikasi dan teknologi informasi.

5. Strategi kelima adalah mengembangkan kapasitas sumber daya manusia, baik pada pemerintah maupun pemerintah daerah otonom disertai dengan meningkatkan e-literacy masyarakat

6. Strategi keenam adalah melaksanakan pengembangan secara sistematik melalui tahapan yang realistik dan terukur Dalam pengembangan e-government, dapat dilaksanakan dengan epat tingkatan yaitu, persiapan, pematangan, pemantapan dan pemanfaatan.

K. Permasalahan E-Goverment di Indonesia
1. Knowledge level, hanya beberapa pejabat pemerintahan yang mengerti apa itu e-goverment
2. Organizatioonal level, adanya sistem sentralisasi di pemerintahan membuat tidak bisa mendelegasikan kekuasaan pengambilan keputusan
3. Financial level, terbatasnya dana untuk pengembangan e-goverment dan pengembangan sistem berbasis proyek tidak dpat menjamin kelangsungan dari e-goverment itu sendiri.
4. Legal level, yaitu infrastruktur hukum untuk mendukung e-goverment belum sepenuhnya diterapkan
5. Management level, yaitu proyek-proyek e-goverment biasanya tidak direncanakan dan dikelola dengan baik

L. Bidang E-GOVERNMENT
1. Online Sevices adalah bagaimana pemerintah menjalankan fungsinya ke luar baik itu masyarakat maupun kepada pelaku bisnis. Tetapi yang terpenting disini adalah pemerintah menawarkan pelayanan yang lebih sederhana dan mudah kepada pihak yang terkait, contohnya seperti pembayaran retribusi, pajak properti atau lisensi.
2. Government Operations adalah kegiatan yang dilakukan dalam internal pemerintah, lebih khusus lagi adalah kegiatan yang dilakukan oleh pegawai pemerintah seperti electronic procurement, manajemen dokumen berbasiskan web, formulir elektronik dan hal-hal lain yang dapat disederhanakan dengan penggunaan internet.
Berdasarkan dua aspek di atas, maka jenis-jenis proyek e-Government dapat dibagi menjadi tiga kelas utama, yaitu: Publish, Interact, dan Transact.
a. Publish
Jenis ini merupakan implementasi e-Government yang termudah karena selain proyeknya yang berskala kecil, kebanyakan aplikasinya tidak perlu melibatkan sejumlah sumber daya yang besar dan beragam.

b. Interact
Pada kelas Interact telah terjadi komunikasi dua arah antara pemerintah dengan mereka yang berkepentingan. Ada dua jenis aplikasi yang biasa dipergunakan. Yang pertama adalah bentuk portal dimana situs terkait memberikan fasilitas searching bagi mereka yang ingin mencari data atau informasi secara spesifik (pada kelas Publish, user hanya dapat mengikuti link saja).

c. Transact
Yang terjadi pada kelas ini adalah interaksi dua arah seperti pada kelas Interact, hanya saja terjadi sebuah transaksi yang berhubungan dengan perpindahan uang dari satu pihak ke pihak lainnya (tidak gratis, masyarakat harus membayar jasa pelayanan yang diberikan oleh pemerintah atau mitra kerjanya).

Komentar